Kamis, 10 Oktober 2013

Minuman Energi untuk Anak-Anak



Beberapa bulan terakhir ini perusahaan makanan dan minuman ternama di negeri ini memasarkan produk minuman energi ekstrak ginseng dalam kemasan bentuk gelas siap minum. Setahu saya, minuman energi memang berguna untuk orang dewasa walaupun efek sampingnya juga cukup membahayakan jika terlalu sering diminum.
Masalahnya, kini konsumen minuman energi tersebut bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak sangat menggemari rasanya yang terdiri dari rasa buah-buahan bercampur ginseng. Padahal berdasarkan artikel berita yang saya baca dari situs berita terpercaya (Bahaya Minuman Energi) menyebutkan bahwa minuman energi dapat menimbulkan beberapa efek samping pada konsumen remaja, yakni kegelisahan, gugup, sakit perut, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan sering buang air kecil. Nah, kalau bagi remaja saja berdampak buruk bagi kesehatan bagaimana jika anak-anak yang dalam masa tumbuh-kembang mengonsumsi minuman tersebut?
Maka, akan lebih baik bila pihak produsen memikirkan ulang target konsumennya dengan memperhatikan desain produknya agar anak-anak tahu mana minuman untuk anak-anak dan mana untuk orang dewasa. Begitu pula dengan orangtua juga harus berperan  mengarahkan anak untuk mengenali produk makanan dan atau minuman yang sehat bagi anak-anak mereka. Dengan kerjasama secara tidak langsung antara produsen dan orangtua diharapkan bisa menjamin kesehatan anak berdasarkan asupan makanan dan atau minuman yang mereka konsumsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu kritik dan saran membangun yah :)