Sabtu, 31 Januari 2015

REVIEW NOVEL SUAMI SEMPURNA UNTUK TATIANA: Novel Lokal Rasa Kebarat-baratan


Judul                   : Suami Sempurna untuk Tatiana
Penulis                : Astrid Zeng
Penerbit              : Gramedia
Tahun terbit        : 2011
Jumlah halaman : 340
Baiklah, akhirnya menemukan kembali novel Indonesia ‘rasa’ luar negeri. Bukan tidak suka, suka banget malah! Sampai-sampai terbawa suasana dan merasa ini novel luar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tapi langsung diingatkan kembali dengan adanya sayur asem dan iga bakar penyet plus lalapannya, juga ada Kota Malang dan Surabaya sebagai setting tempatnya. Namun demikian, di sisi lain saya juga sedikit menyayangkan karena novel ini agak keterlaluan ‘rasa’ luar negerinya (terutama soal cara bercerita atau penggunaan bahasa). Tapi bukan masalah, saya tidak sepenuhnya pro maupun kontra.

Jujur, baru pertama kali ini saya baca novel milik penulis. Ceritanya manis. Saya juga dibuat terkagum-kagum pada tokoh lelakinya, Michael (apalagi dia bule! blasteran, sih, hehehe) dan Phillips. Tipikal beta male dan alpha male yang oke banget! Saya jadi tidak sabar baca ‘Sleepaholic Jatuh Cinta’ edisi Phillips sebagai alpha male.

Hanya saja, yang cukup membuat agak kecewa dalam novel ini adalah hobi Tatiana yang suka belanja sampai rekeningnya sekarat itu, tidak dibahas detail. Saya kira, novel ini akan bercerita juga bagaimana lelaki yang mencintainya, akan membuat Tatiana bertaubat untuk tidak lagi shopaholic. Selain itu, saya jadi iri pada Tatiana. Hidupnya beruntung sekali, ya. Di awal-awal novel diceritakan Michael muncul tiba-tiba di sekelilingnya. Kebetulan klise di banyak kisah novel, sinetron, atau FTV. Temanya juga pasaran, perjodohan. Iya, novel ini mengisahkan Tatiana (tokoh utama) yang Ratu Belanja, disuruh menikah oleh mamanya. Tatiana sendiri mau menikah asal dengan lelaki KAYA. Akhirnya dapatlah ia, berkat dijodohkan Mama dengan teman orangtuanya. Tapi eitss ... kerennya novel ini, pembaca akan diberi kejutan sampai ke akhir cerita. Ternyata Tatiana juga manusia biasa, yang mungkin kelihatan sombong dan hanya tahu foya-foya. Padahal tidak juga. Tatiana juga dibuat bimbang. Bimbang memilih lelaki super sempurna atau lelaki yang membuatnya senyum-senyum sendiri? Silakan baca sendiri kisah selanjutnya, ya ^.^

Opening novel ini cukup membosankan. Tapi ke belakang, semakin memikat, lho! ^.^ Dan, walau mungkin dapat ditebak ending ceritanya setelah membaca beberapa bab awal, seperti yang sudah saya sebutkan, tetap ada kejutan untuk pembaca. Selain itu, juga akan sedikit selingan dialog yang bikin tertawa. Kisah yang dijalani Tatiana dengan lelaki pujaannya itu juga membuat iri. Hehehe.

Bicara kemasan novel, saya bertanya-tanya, apakah model awal Amore memang kecil seperti itu, satu ukuran dengan novel romance terjemahan? Itulah mengapa ketika saya meminjam novel ini dari teman, saya langsung kepincut dengan judul dan kemasan yang khas novel romance terjemahan. Mengetahui penulisnya (mungkin) orang Indonesia, saya takjub. Walau pada awal sudah saya kemukakan, sayang, novel Indonesia tapi kebarat-baratan. Oke, ini mungkin soal selera. Tidak mengapa.

Novel ini sebenarnya ringan untuk dibaca, satu sampai dua hari bisa selesai. Tapi karena bab awal sedikit lamban, dan persepsi yang sudah terbentuk di otak saya bahwa ini seperti novel terjemahan yang suka pakai deskripsi panjang dan bikin malas baca mendetail, akhirnya saya bacanya juga tertunda-tunda. Namun demikian, saya tetap puas, cerita romance-nya ngena banget! Empat bintang dari lima untuk novel ini. ^.^



1 komentar:

  1. Tanks kak reviewnya heheeheh....

    Jangan Lupa Kunjungi Blog/Artikel Kitaa Ya Kaka " Berbagi Itu Indah " !!!!!!

    ( >>> DISINI <<< )

    Seputar Aritkel Bola

    Download Game Online
    Artikel Bola Terupdate 2017

    BalasHapus

Ditunggu kritik dan saran membangun yah :)